Jangan lupa berikan Feedback, berupa kritik, saran, dan komentar pada kolom komentar

Kamis, 10 November 2011

Apa Itu SMK…?? Kenalan Yuk's

SMK yang merupakan singkatan dari Sekolah Menengah Kejuruan ini adalah hal yang akan Abang Trezz bahas pada kesempatan kali ini, tepatnya apa definisi dan seperti apakah SMK itu, kali ini tanpa buanyak menghamburkan kata-kata lagi, Abang Trezz akan langsung memberikan definisi dari SMK itu.


SMK (Sekolah Memengah Kejuruan) merupakan salah satu Lembaga Pendidikan di Indonesia yang sederajat dengan SMA (Sekoalah Menengah Atas), berbeda dengan SMA yang merupakan jenjang yang memang dipersiapkan untuk melanjutkan ke Universitas, tapi SMK lebih mempersiapkan Siswa-siswanya untuk dapat bekerja setelah lulus dari sekolah ini.

Menurut wikipedia SMK adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP, MTs, atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama/setara SMP/MTs. SMK sering disebut juga STM (Sekolah Teknik Menengah).

Jadi di SMK sobat bakal mendapatkan berbagai keahlian sesuai program keahlian yang kalian pilih, ada banyak sekali program keahlian (menurut data yang Abang Trezz kumpulkan ada 121 Komptensi keahlian yang terdaftar saat ini) yang dapat sobat pilih sesuai dengan bakat dan minat kalian, secara garis besar Program-program keahlian tersebut dikelompokkan kedalam beberapa Bidang Keahlian antara lain :
·         Teknologi Dan Rekayasa
·         Teknologi Informasi Dan Komunikasi
·         Kesehatan
·         Seni,Kerajinan Dan Pariwisata
·         Agribisnis Dan Agroindustri
·         Bisnis Dan Manajemen
Jadi dalam SMK kalian akan dijejali dengan berbagai materi yang terkait dengan skill, berbeda dengan SMA yang lebih memfokuskan kepada Pengetahuan Umum, sehingga lulusan SMK lebih diperuntukkan untuk mereka yang bertujuan bekerja ataupun membuka lapangan pekerjaan, sedangkan SMA tentu harus melanjutkan ke Universias untuk siap bekerja, karena dikhawatirkan belum memiliki kemampuan praktek yang cukup dalam dunia kerja.

Namun lulusan SMK tidak menutup kemungkinan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Universitas, jadi jika teman-teman merasa masih punya waktu untuk belajar, atau membutuhkan pemantapan skill yang lebih dalam lagi, maka tidak akan ada yang melarang teman-teman untuk melanjutkan ke jenjang universitas tersebut.

Namun tidak menutup kemungkinan pula siswa SMA lebih unggul dari pada siswa SMK dalam hal skill, itu tergantung dari individu masing-masing, apakah memang ia menseriusi pendidikannya atau tidak.

Jadi buat adek-adek SMP yang bingung untuk melanjutkan pendidikan atau orang tua yang bingung memilih SMK atau SMA untuk anaknya, bisa mengambil pertimbangan dari penjelasan singkat tersebut.

Sedikit tips buat adek-adek yang akan lulus SMP/orang tua yang akan memilihkan pendidikan lanjutan bagi anak-anaknya, agar tidak terjadi kekecewaan di belakang, pilihlah jurusan/kompetensi keahlian yang benar-benar sesuai dengan minat kalian, dan carilah info menganai jurusan tersebut pada sekolah yang kalian inginkan, dan lihatlah apakah fasilitas serta tenaga pengajar cukup mendukung, dan yang tak kalah pentingnya kalian harus pasang niat yang baik bahwa kalian benar-benar serius untuk mengikuti pendidikan di bangku SMK ini.

Dan untuk orang tua yang akan memilih, mohon diperhatikan untuk tidak melakukan pemaksaan kepada anak-anaknya, karena menurut pengalaman saya sendiri banyak Siswa yang tidak mampu mengikuti pelajaran karena masuk ke jurusan/sekolah yang tidak mereka inginkan, sehingga minat belajar mereka menurun, dan tentunya akan mengakibatkan tidak sia-sianya pendidikan 3 tahun yang mereka tempuh.

Okeh itu dia definisi SMK, beserta sedikit tips buat adik-adik yang akan memasuki jenjang SMK/SMA dari Abang Trezz, semoga ada manfaatnya dan saya mohon maaf jika ada yang salah dari tulisan saya.

Description: Apa Itu SMK…?? Kenalan Yuk's
Rating: 4.5
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Apa Itu SMK…?? Kenalan Yuk's

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More