Jangan lupa berikan Feedback, berupa kritik, saran, dan komentar pada kolom komentar

Minggu, 01 April 2012

Daftar Harapan, Ubah Impian jadi Kenyataan


Bulan Maret sudah berpaling dari kita dan akan kembali tahun depan jika masih ada sisa umur untuk kita, kini si April sudah tiba, dan tentunya membawa harapan baru bagi kita semua, terlebih untuk sobat pelajar, entah SD, SMP apalagi SMA, tidak lain dan tidak bukan alasannya adalah karena bulan April merupakan ajang uji kemampuan dan penentu apakah kita akan menuju jenjang pendidikan yang lebih tinggi.


Berbagai harapan bermunculan dari benak para pelajar, mulai dari berharap kemudahan saat ujian, berharap  kelulusan, hingga berharap diterima di sekolah/universitas yang mereka impikan, yah begitulah manusia, penuh dengan Harapan dan Impian.

Kali ini HARAPAN dan IMPIAN inilah yang akan menjadi topik tulisan saya, tepatnya Bagaimana membuat dan Apa manfaat menyusun daftar Harapan, dalam beberapa filosofi, harapan dikatakan sebagai salah satu unsur dasar kehidupan manusia, berbeda dengan rasio yang bersumber dari akal sehat manusia, harapan muncul dalam dunia bawah sadar manusia dan sering kali bersifat tidak rasional.

Harapan atau Impian ini kerap kali muncul secara tiba-tiba, entah saat kita sedang menonton TV, Membaca, Mendengarkan Radio, atau bahkan saat termenung, harapan ini bisa saja merupakan hal-hal yang rasional atau mungkin untuk kita wujudkan serta bersifat tidak rasional atau tidak masuk akal, karena dalam membuat harapan tidak ada larangan bagi kita untuk berharap sesuatu yang mustahil sekalipun.

Harapan atau Impian menurut saya adalah salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan, tanpa harapan dan impian kita tidak akan memperoleh sebuah kejayaan dalam hidup, karena dengan memiliki harapan dapat menjadi penunjuk jalan untuk kita menuju kesuksesan, bahkan lebih dari itu harapan dapat menjadi sumber motivasi bagi kita dalam mengejar harapan-harapan tersebut.

Namun sangat disayangkan, kerap kali harapan-harapan yang muncul begitu saja saat sedang menjalani kegiatan sehari-hari itu begitu saja menghilang juga dari pikiran kita. Selain itu banyak juga orang yang takut membuat harapan, dengan anggapan saat berharap itu sama saja seperti terbang, semakin tinggi kita terbang maka akan semakin menyakitkan saat terjatuh.

Padahal, begitulah kehidupan, tidak seorangpun yang memiliki perjalanan hidup yang tidak dibarengi dengan kegagalan, karena kegagalan adalah langkah awal dari keberhasilan, ketakutan untuk terjatuh semakin kita tak akan pernah terbang, dan tak akan pernah menjadi sesuatu yang besar, namun semakin kita terbang tinggi, akan ada semakin banyak dahan yang siap menopang kita saat terjatuh artinya semakin tinggi kita berharap semakin banyak kesempatan untuk kita menjadi sesuatu yg tinggi(besar), selama impian kita dibarengi dengan usaha.

Begitu banyak manfaat dari memiliki harapan, seharusnya menyadarkan kita untuk membuat harapan yang dapat anda ingat sepanjang waktu, dan cara terbaik untuk itu adalah dengan mencatat harapan dan impian yang anda inginkan, entah itu berupa harapan yang bersifat rasional atau tidak rasional, semuanya dapat anda catat pada buku atau lembaran khusus, serta anda dapat menyertakan pula kapan anda ingin harapn itu tercapai beserta keterangan-keterangan lainnya.

Menyusun daftar keinginan dalam sebuah buku/lembaran memiliki banyak sekali manfaat antara lain :

  1. Saat anda kehilangan alasan untuk apa anda belajar, bekerja keras, dan terus berusaha, anda dapat melihat semua keinginan yang telah anda tulis, tentu ini akan memberikan alasan kepada anda untuk tetap belajar, bekerja keras, dan terus berusaha.
  2. Motivasi, krisis motivasi kadang sering kali terjadi dalam hidup, kehilangan tujuan dalam hidup sangat lazim kita alami, saat hal ini terjadi, anda dapat membuka kembali lembaran-lembaran keinginan anda, saat anda melihat sebuah catatan, tanggal 21 Agustus 20xx, anda ingin memberikan sesuatu yang special dan luar biasa untuk orang yang anda kasihi, tentu akan sangat memotivasi serta memicu semangat anda untuk terus berjuang.
  3. Penunjuk jalan Menuju kesuksesan, ibaratnya sebuah buku alamat, Keinginan anda adalah alamat yang akan anda tuju, saat anda menuliskan keinginan anda untuk liburan di Mesir, kuliah di Al Azhar, kemudian memiliki bisnis sendiri, anda dapat merangkainya menjadi sebuah alamat yang dapat anda tuju, dengan mengurutkannya berdasarkan waktu pencapainnya, dan saat anda lupa bagaimana cara mencapainya, bukalah buku daftar keinginan anda, disana kan anda temukan jawabannya,
  4. Secara Psikologis memiliki daftar keinginan juga membawa dampak positif bagi anda, jika tak cukup banyak orang yang mau mendengar keinginan anda dimasa mendatang yang mungkin terdengar seperti bualan, menceritakannya pada sebuah buku layaknya menulis sebuah diary tentu adalah pilihan bijak, itu akan mengurangi beban pikiran anda dan membuat anda lega.

Secara tidak langsung memiliki daftar keinginan akan membimbing anda untuk mengubah mimpi anda menjadi kenyataan, anda dapat mengatur bagaimana kesuksesan anda akan anda raih, anda dapat menetukan langkah apa yang akan anda pilih untuk memulai dan mengejar impian anda, dan saat anda kehilangan tujuan dan menghadapi krisis motivasi, sang Daftar Harapan akan membantu anda menemukan tujuan serta memotivasi anda.

So, sekarang tak ada alasan lagi untuk anda malas menyusun Daftar Harapan anda, mulailah kesuksesan anda dengan langkah kecil ini, dan berusaha meraihnya dengan perbuatan besar yang akan mengubah Mimpi anda menjadi kenyataan.

Sekian tulisan Abang Trezz kali ini, ini hanya opini yang tentunya setiap orang bisa memiliki anggapan yang berbeda, jika anda tidak setuju dan memiliki opini yang lebih baik, jangan ragu unkapkan melalui kolom komentar. :)


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Contoh harapan, anak SMK yg akan menghadapi Ujian Nasional :P :
.______________________________________.
|Ini harapanku dibulan april, apa harapanmu...??|
.-----------------------------------------------------.
April Wish :

  • Mampu meracik kelulusan pada Ujian Nasional 2012.
  • Diberikan kemudahan buat XII-MM untuk menjawab soal Ujian Nasional 2012.
  • Diperlancar dalam mempersiapkan pondasi Karirku.
  • Diberi kemudahan dalam memulai perubahan ke arah yang positif (perbaikan ahlak, perilaku sosial, dan peningkatan kemampuan).
  • Diberi kelancaran dalam persiapan beberapa event-event yg bakal q urus bulan ini.
  • Siap membangun kembali beberapa hubungan yang berantakan dalam hidup gw.

intinya dikasi kesehatan, kemurahan rizki, kekuatan iman, kecerdasan, kemampuan untuk bersosial, dan keberuntungan... hohoho,, banyak amat :D
--------------------------------------------------------------------------------------------
Tuhan itu maha kaya, ngapain mau minta sedikit tul gak...?? :D

اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Description: Daftar Harapan, Ubah Impian jadi Kenyataan
Rating: 4.5
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Daftar Harapan, Ubah Impian jadi Kenyataan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More